Gerakan Literasi Kampus

GERAKAN LITERASI KAMPUS
1.   Tiara Larasati
Literasi kampus itu semacam gerakan literat kampus, dimana gerakan literat mengandung proses membaca dan menulis, jadi kampus itu harus giat membudayakan kegiatan menulis dan membaca di kampus secara terus menerus.
2. Eva Mawaddatunnisa
Literasi itu gerakan mahasiswa untuk lebih bisa menyukai menulis, membaca, menyimak dan lain sebagainya.
3. Wirda Kamalia
Gerakan literasi adalah suatu gerakan dimana kata literasi itu berarti kemampuan untuk menulis dan membaca.
4. Bunyanum Marsush
Menurut saya literasi di kampus sangat penting bagi mahasiswa. Khususnya mahasiswa jurusan BSI. Sebab, denganliterasi secara tidak langsung akan meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam hal menulis khususnya jurusan BSI.
5. Yu’ti A’yunina
Gerakan literasi kampus itu sangat menunjang prestasi siswa, karena dengan gerakan tersebut siswa dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Kemudian dapat juga mengembangkan kretifitas, karena literasi itu sangat dibutuhkan mahasiswa saat ini. Kegiatan ini harus giat dilaksanakan, melihat anak muda saat ini yang jarang sekali ke perpustakaan, sehingga suasana perpus s angat hening karena minimnya pengunjung perpus.
6. Izzul
Literasi sebagai dasar acuan kegaiatan belajar dan mengajar di kampus, tentu sangat di perlukan. Dan lebih khususnya dalam jurusan BSI karena dalam jurusan kita mengkaji ilmu kebahasaan, yang mana sangat dekat dengan kegiatan literasi atau pun sejenisnya dalam pengkajian kebahasaan.

PengertianLiterasimenurut kelompok kami:
1. Siska Putri Apriliyani
Gerakan literasi kampus adalah suatu gerakan yang sangat mementingkan dan sangat mengunggulkan kemampuan membaca dan menulis. Namun yang lebih dipusatkan adalah kemampuan membaca karena membaca adalah salah satu aspek yang terpenting dalam kehidupan, karena manusia dapat mengetahui segala sesuatu melalui membaca. Jadi gerakan literasi kampus sangat penting untuk dilakukan.
2. Zulfa Naurah Nadzifah
Gerakan Literasi Kampus adalah sebuah kegiatan memasyarakatkan kegiatan literasi berupa membaca, menulis, mendengar, dan menyimak di lingkungan kampus. Memasyarakatkan disini artinya semakin menyebarluaskan dan membiasakan mahasiswa dengan kegiatan literasi. Dunia kampus tak bisa lepas dari kegiatan membaca, menulis, mendengar, dan menyimak, karena itulah sangat penting untuk terus mengembangkan lingkungan yang akrab dengan kegiatan literasi. 
3. M. Aris Syahrudin
Gerakan literasi kampus adalah gerakan yang mewadahi kegiatan yang berkenaan dengan membaca dan menulis di lingkungan kampus. Kegiatan ini harus di terapkan di kampus Unnes, khususnya di lingkungan jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, umumnya di seluruhFakultas yang ada di Unnes. Kegiatan ini harusdi terapkan kesemua mahasiswa di indonesia supaya generasi selanjutnya menjadi generasi yang cerdas
4. Inayatul Khoiriyah
Gerakan literasi kampus merupakan sebuah gerakan membudayakan membaca dan menulis kepada mahasiswa.

 PENGERTIAN LITERASI MENURUT BEBERAPA AHLI
Goody (1999)
Menurutnya, pengertian literasi dalam arti sempit adalah kemampuan untuk membaca dan menulis.
Alberta (2009)
Menurutnya arti literasi bukan hanya sekedar kemampuan untuk membaca dan menulis namun menambah pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang dapat membuat seseorang memiliki kemampuan berpikir kritis, mampu memecahkan masalah dalam berbagai konteks, mampu berkomunikasi secara efektif dan mampu mengembangkan potensi dan berpartisipasi aktif dalam kehidupan bermasyarakat.
Kern (2000)
Menurut Kern, pada dasarnya terdapat tujuh prinsip pendidikan literasi antara lain: literasi melibatkan interpretasi, kolaborasi, konvensi, pengetahuan kultural, pemecahan masalah, releksi dan refleksi diri, serta penggunaan bahasa.
Cordon (2003).
Mengungkapkan, definisi literasi adalah sumber ilmu yang menyenangkan yang mampu membangun imajinasi mereka untuk menjelajah dunia dan ilmu pengetahuan
Wells (1987)
Berpendapat bahwa pengertian literasi adalah untuk menyatakan empat tingkatan dalam literasi yaitu: literasi performatif (literacy performative), literasi fungsional (literacy functional), literasi informasi (literacy informational) dan literasi epistemik (literacy epictemic).
Jeanne R et al (2007)
Menurutnya, bahwa ada tiga tahapan yang dapat diamati dalam perkembangan literasi seseorang. Perkembangan ini muncul karena faktor motivasi instrinsik peserta didik yaitu: memilih membaca dan menulis, menemukan kesenangan dalam melakukan kegiatan yang berkaitan dengan literasi, sadar menerapkan pengetahuan untuk lebih dalam memahami dan menulis teks.
Irene dan Gay (2001)
Mengatakan bahwa nilai-nilai literasi yang berkualitas tergambar dari ketika siswa berhasil menerapkan apa yang telah mereka pelajari dan dituangkan ke dalam tulisan mereka sendiri.

National Literacy Forum (2014)
Menyatakan bahwa ada empat  cara yang harus dilakukan dalam membangun literasi yang universal yaitu: meningkatkan kemampuan bahasa sejak dini di rumah dan dalam pendidikan non formal, lebih  mengefektifkan pembelajaran yang dapat menumbuhkan keterampilan membaca dan menulis di sekolah. Adanya akses untuk membaca dan program yang membuat anak merasa senang melakukan kegiatan literasi, menciptakan kerjasama antara sekolah, lingkungan, keluarga dan lingkungan kerja untuk dapat mendukung budaya literasi.

Jadi menurut kami, Literasi tidak bisa diartikan secara sempit, misal saja dengan membaca, menulis atau bercerita saja. Lebih  dari itu, literasi bisa dikembangkan dalam bentuk mendongeng, berpidato, berdiskusi, menulis gagasan dan menerapkannya pada kegiatan sehari-hari di kampus. Sebagai mahasiswa literasi dipandang sebagai suatu upaya meningkatkan kecakapan diri dalam membaca dan memahami apa yang menjadi konsentrasi ilmu kita. Esai, karya tulis ilmiah, penulisan berita, dan wacana merupakan pengembangan dari apa yang disebut sebagai literasi. Sebenarnya, banyak kegiatan yang berhubungan dengan membaca, menulis, menyimak, mendengar maupun menyatakan pendapat, yang bisa dimasukkan sebagai kegiatan literasi.
Literasi juga bermanfaat dalam mengasah daya pikir dan day acipta. Setiap orang memiliki pemikiran dan gagasan terhadap suatu hal, dan literasi hadir sebagai perantara penyampaian pesan tersebut. Sementara itu, menurut KBBI, gerakan berarti perbuatan atau usaha, dan Literasi berarti kemampuan menulis dan membaca. Dengan demikian menurut kami gerakan literasi kampus berarti upaya atau usaha meningkatkan minat menulis dan membaca bagi mahasiswa, dan seluruh staf serta pihak terkait di kampus.


DAFTAR PUSTAKA

Komentar