Upaya Internasionalisasi Bahasa Indonesia

Upaya Internasionalisasi Bahasa Indonesia
Apa itu bahasa Indonesia? Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia diresmikan penggunaannya pada tanggal 18 Agustus 1945.
Lalu bagaimana bahasa suatu kelompok masyarakat bisa menjadi bahasa yang dipergunakan secara luas di dunia internasional?
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2009 pasal 44, pemerintah Indonesia ingin meningkatkan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa Internasional secara bertahap, sistematis, dan berkelanjutan. Kepala pusat pengembangan dan pelindungan, Dr. Sugiyono menegaskan bahwa Internasionalisasi bahasa Indonesia menjadi target kita, maka saat ini kita mencoba menangani Asean terlebih dahulu.
Dikutip dari www.scribd.com, terdapat beberapa analisis sebagai pertimbagan langkah internasionalisasi bahasa Indonesia:
1. Kekuatan
a. Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan bangsa Indonesia
Yang termuat di teks Sumpah Pemuda bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa penghubung antar daerah, antar suku, dan pengenalan budaya dari satu daerah ke daerah lain.
            b. Bahasa Indonesia mudah dipelajari
            Bahasa Indonesia tidak mengenal kala, konjungsi, maupun jenis kelamin kata benda. Lafal bahasa Indonesia juga tidak sulit karena lebih tipis atau ringan. Hanya ada sedikit bunyi yang sulit , misalnya ‘’ny’’ dan ‘’ng’’. Bilamana terdapat masalah pengucapan oleh warga asing, orang Indonesia akan tetap memahaminya.
2. Kelemahan
            a. Banyak warga Indonesia yang tidak menguasai dengan baik bahasa Indonesia
            Meskipun bahasa Indonesia telah dipakai oleh sebagian besar warga negara Indonesia, namun tidak sedikit pula orang yang tidak menguasai dengan baik bahasa Indonesia, mulai dari penggunaan yang masih dicampur dengan bahasa daerah, maupun struktur kata yang membuat arti yang ditangkap berbeda dari apa yang dimaksudkan dalam tulisan.
            b. Banyak yang lebih bangga menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi
            Zaman sekarang pada beberapa kalagan orang Indonesia banyak yang lebih bangga menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari. Di keluarga, di sekolah, dan bahkan bergaul dengan orang pun juga lebih memilih menggunakan bahasa Inggris.
Menurut badanbahasa.kemdikbud.go.id, upaya yang dapat diterapkan dalammenginternasionalisasikan bahasa Indonesia di antaranya :
1. Meningkatkan jumlah kosa kata;
2. Mengembangkan uji kemahiran berbahasa Indonesia (UKBI);
3. Mencoba membawa Indonesia keluar negeri dengan cara menyusun kamus ASEAN (yang terdiri dari sepuluh negara ASEAN) dan akan diberi nama kamus masyarakat ekonomi ASEAN (MEA). Langkah pertama untuk merealisasikan upaya ini adalah dengan bekerjasama dengan kedutaan dan perguruan-perguruan tinggi;
4. Membuat buku percakapan pendek untuk penutur asing agar bisa berbahasa Indonesia. Buku ini menjadi langkah awal untuk penyusunan buku BIPA tingkat ASEAN;
Asosiasi pengajar dan pegiat bahasa Indonesia untuk penutur asing (APPBIPA) juga berupaya menginternasionalisasikan bahasa Indonesia dengan cara  meminta pekerja asing yang bekerja di Indonesia berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia. Selain itu, saat ini terdapat kurang lebih 170 lembaga penyelenggara program BIPA di dalam negeri yang tersebar diberbagai kota besar di Indonesia. Program-program BIPA difokuskan dalam rangka turut serta menginternasionalisasikan bahasa Indonesia melalui penyiapan tenaga pengajar BIPA yang profesional.
Dikutip dari www.kompasiana.com, terdapat beberapa faktor yang dapat menjadikan bahasa Indonesia menjadi bahasa Internasional:
1. Jumlah penutur bahasa Indonesia adalah terbanyak diantara negara-negara di ASEAN Sehingga bahasa Indonesia memenuhi syarat menjadi bahasa perantara bagi seluruh anggota ASEAN;
2. Saat ini diperkirakan ada 45 negara yang mengajarkan bahasa Indonesia dilembaga pendidikan mereka seperti Kanada, Amerika, Belanda, Vietnam, dan lain-lain. Selain itu menurut kepala Badan Pusat Bahasa Kemdikbud, Agus Dharma, pusat-pusat studi bahasa dan kebudayaan Indonesia kini juga sudah tersebar di 48 negara di dunia degan jumlah 150 pusat;
3. Indonesia adalah salah satu bangsa yang luas di belahan dunia. Indonesia memiliki kebudayaan dan sumber daya alam yang begitu beragam, unik, dan melimpah. Semua itu membuat banyak negara tertarik dengan Indonesia hal tersebut akan memicu penutur asing mempelajari bahasa Indonesia untuk keperluan penelitian dan lain sebagainya;
4. Bahasa Indonesia memiliki tata bahasa yang sederhana dan teratur serta penggunaannya dalam percakapan relatif mudah dipelajari.



Daftar Rujukan :
2.      http://www.beritasatu.com/blog/nasional-internasional/3080-internasionalisasi-bahasa-indonesia.html, diunduh pada tanggal 15 November 2017 pukul 13:07.
4.      https://www.antaranews.com/berita/608628/appbipa-dorong-internasionalisasi-bahasa-indonesia, diunduh pada tanggal 15 November 2107 pukul 13:15.

5.      https://www.scribd.com/doc/309256867/Internasionalisasi-Bahasa-Indonesia, diunduh pada tanggal 15 November 2017 pukul 13:25.

Komentar